Obat Batuk Alami Dari Bumbu Dapur

Ketika kita mengalami batuk jangan terburu-buru membeli obat dengan bahan-bahan kimia, cobalah dulu dengan obat-obatan alami. Obat alami adalah obat yang berbahan dasar dari alam, biasanya berupa daun-daunan, akar, rempah, dan buah.

Obat batuk alami sebenarnya sangat mudah kita jumpai di sekitar kita. Bahkan, bertebaran di seputar dapur. Sehatins akan coba persembahkan untuk Anda. Selamat menyimak, semoga bermanfaat.

http://sehatins.blogspot.co.id/Jahe
Jahe terdiri dari dua jenis yaitu jahe merah dan jahe biasa (putih). Meski sama-sama memiliki khasiat dalam mengobati batuk tapi kedua jahe ini memiliki klasifikasi yang berbeda.
     Jahe Merah sangat ampuh untuk mengatasi batuk kering. Caranya mudah; bersihkan jahe merah,kupas kulit luarnya kemudian kunyah. Telan sarinya dan buang ampasnya.
    Jahe putih mujarab dalam mengatasi batuk berdahak. Caranya setelah dibersihkan jahe kemudian diiris-iris, kemudian direbus, tuangkan ke dalam gelas. Bisa dicampurkan gula aren atau madu. Minum selagi hangat.

http://sehatins.blogspot.co.id/Jeruk Nipis
Sepertinya mengobati batuk dengan jeruk nipis sudah begitu familiar di masyarakat kita. Perasan jeruk nipis dicampur kecap adalah ramuan populer dalam mengobati batuk.
    Ada cara lain penggunaan jeruk nipis untuk mengobati batuk, yaitu dicampur kapur sirih dan gula batu.
    Belah jeruk nipis, baluri bagian dalam yang terbelah dengan kapur sirih, diamkan sejenak. Selanjutnya bakarlah kulit luar jeruk nipis hingga bagian dalamnya berbuih, setelah itu peraslah. Berikan sedikit gula batu. Minum secara rutin.


http://sehatins.blogspot.co.id/
Kencur
Bumbu dapur selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati batuk adalah kencur. Kencur "diduetkan" dengan jahe. Parutlah dua sejoli ini hingga halus, campur sampai merata. Kemudian parutan ini direbus dengan segelas air hingga mendidih. Saring, buang ampasnya, dan minum airnya secara teratur.

Belimbing Wuluh
http://sehatins.blogspot.co.id/Rasanya sangat asam. Banyak ibu-ibu menggunakan belimbing wuluh sebagai bahan membuat sayur asam. Tak sebatas itu, belimbing wuluh bisa juga dijadikan sebagai obat batuk alami. Parut beberapa belimbing wuluh, masukan parutannya ke dalam segelas air, campurkan sedikit garam, aduk hingga rata. Kemudian minum. Lakukan secara teratur dua kali sehari, pagi dan sore.


http://sehatins.blogspot.co.id/
Asam Jawa
Bumbu dapur yang satu ini selain sebagai pelengkap masakan juga berguna untuk meredam batuk. Caranya sederhana saja. Ambil sekitar 10 buah asam jawa, ambil dagingnya. Masukan kedalam segelas air manas, campurkan gula merah, dan aduk hingga rata. Minum selagi hangat.


Baca juga: 

                                                             

(Berbagai Sumber)

1 Response to "Obat Batuk Alami Dari Bumbu Dapur"

  1. terimalasih kak informasinya sangat membantu, jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2Cyl3pR

    ReplyDelete