Obat Alami Hipertensi

Obat Alami Hipertensi - Pencegahan dan penanganan hipertensi hendaknya tidak selalu dengan obat-obat kimiawi atau pabrikan, ada baiknya menggunakan obat-obatan alami. Selain relatif aman bahan-bahannyapun melimpah di alam.

Obat alami hipertensi bisa diracik sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan relatif mudah di dapat bahkan begitu familiar karena sering dijadikan bahan masakan.

Berikut bahan - bahan yang bisa dijadikan obat alami hipertensi berikut cara membuatnya.

1. Daun Salam
Daun salam memiliki khasiat menurunkan kolesterol dan darah tinggi/hipertensi, menurunkan kadar gula dalam darah. Untuk pengobatan hipertensi caranya adalah ambil 10 - 15 lembar daun salam, cuci sampai bersih. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air rebusan disaring, dan kemudian diminum pagi hari ketika perut masih kosong. Ampas yang tersisa jangan dibuang, bisa direbus lagi untuk diminum sore hari.


2. Rumput Laut
Rumput laut memiliki khasiat menormalkan darah, menurunkan kolesterol dan aterosklerosis (pengerasan dan penyempitan pembuluh darah).

Rumput laut bisa dijadikan obat alami hipertensi dengan cara cukup dijadikan hidangan sehari-hari saja, dijadikan sup, puding, dan sebagainya. Rumput laut yang paling populer adalah wakame, yang sering digunakan dalam sup miso. Ada juga kombu dan nori yang mudah ditemukan di supermarket.

3. Mentimun
Mentimun memiliki kandungan potassium yang tinggi yang berkhasiat mengurangi tekanan darah tinggi. Caranya mudah bisa dijadikan lalap, atau dijadikan jus.

4. Blewah
Blewah memiliki kandungan potassium yang tinggi, sama dengan mentimun. Pemanfaatan sebagai obat alami hipertensi cukuplah mudah. Blewah bisa dijadikan sup atau kolak buah, dan bisa dicampur dengan buah-buahan yang lain.

5. Mengkudu
Mengkudu memiliki khasiat sebagai penurun tekanan darah tinggi dan kolesterol. Caranya, ambillah beberapa buah mengkudu yang sudah matang. Setelah dibersihkan kemudian diblender. Airnya disaring, campurkan dengan madu. Kemudian minum setiap pagi sebelum sarapan.

6. Temu Hitam
Memiliki khasiat melancarkan sirkulasi, mencairkan gumpalan darah, dan menetralkan racun dalam tubuh. Pemanfaatan sebagai obat alami hipertensi bisa dicampur dengan bahan-bahan lain misalkan; daun dewa, bunga soka, dan bungan mawar. Caranya, rebus temu hitam, daun dewa, bunga soka, dan bunga mawar dalam tiga gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas.Setelah dingin silhkan minum. Lakukan dua kali sehari, pagi dan sore.

7. Bawang Putih
Bawang putih memiliki khasiat menurunkan tekanan darah dan kolesterol, menghancurkan penggumpalan darah. Pemanfaatannya adalah ambilah 3-5 siung bawang putih, setelah dibersihkan kemudian diblender. Peras dan tambahkan lagi air, kemudian minum. Lakukan tiga kali dalam sehari.

8. Bawang Bombay
Memiliki khasiat yang sama dengan bawang putih. Caranya gampang, ambil satu siung bawang bombar, kupas kulitnya, iris-iris. Kemudian dimakan bersama nasi. Lakukan kebiasaan ini secara rutin dua kali sehari.

Kenalillah ciri-ciri hipertensi dari sekarang. Gaya hidup tidak sehat dan pola makan banyak menyebabkan terjangkitnya hipertensi. Beralihlah dengan gaya hidup sehat dan pola makan yang berimbang. Konsumsilah obat alami hipertensi jika anda sudah terjangkit.

0 Response to "Obat Alami Hipertensi"

Post a Comment