Waspada Hipertensi, Ini Ciri-Cirinya

ciri hipertensi -http://sehatins.blogspot.co.id/
Mengenal Ciri Hipertensi
Waspadailah Hipertensi. Hipertensi merupakan penyakit yang umum di masyarakat dewasa ini. Penyakit ini berbahaya dan harus diwaspadai, sayangnya tidak semua orang menyadari kalau dirinya terserang hipertensi. Dari penelitian 76,1% penderita hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya sakit hipertensi, sehingga penanganannya sedikit terlambat.

Terus bagaimana mengetahui kalau seseorang sudah terserang hipertensi? Berikut inilah ciri-cirinya.

1. Sering Sakit Kepala
Ciri yang paling ringan dari terjangkit hipertensi adalah sering sakit kepala. Sakit kepala yang terus menerus dikarenakan lonjakan tensi darah. Anda bisa merasakan sakit kepala saat tekanan darah berada di 180/110 mmHG.

2. Hidung Mimisan
Pada tahap awal hipertensi, mimisan menjadi salah satu ciri yang muncul. Jika memang ternyata Anda memiliki riwayat hipertensi dan mimisan tidak dapat dihentikan segeralah hubungi dokter untuk berkonsultasi dan berobat.

3. Merasa Mual dan Muntah
Meskipun mual dan muntah merupakan ciri umum pada kebanyakan gejala penyakit namun pada hipertensi mual dan muntah ini sedikit berbeda karena pada penderita hipertensi disertai dengan pandangan kabur dan nafas yang pendek-pendek.

4. Mati Rasa
Meningkatnya tekanan darah akibat hipertensi menyebabkan mati rasa atau rasa kesemutan yang bisa saja menjadi tanda awal stroke. Jika hipertensi dibiarkan maka akan menyebabkan kerusakan jaringan syaraf.

5. Titik Darah Pada Mata
Jika Anda melihat titik darah pada bagian bola mata sebaiknya Anda waspada, sebab bisa saja itu adalah pembekuan darah yang diakibatkan hipertensi. Cobalah hubungi dokter untuk memeriksakan tekanan darah Anda.

6. Sering Merasa Pusing
Jika Anda sering tiba-tiba merasa pusing dan vertigo bisa jadi ini adalah akibat hipertensi. Jangan abaikan gejala ini, sebab bisa menyebabkan stroke.

Itulah beberapa ciri hipertensi yang mungkin ada pada Anda. Meskipun hipertensi adalah penyakit berbahaya namun masih bisa dicegah dengan pola hidup sehat. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

0 Response to "Waspada Hipertensi, Ini Ciri-Cirinya"

Post a Comment