Hal Seputar Hipertensi Yang Wajib Diketahui

hipertensi - http://sehatins.blogspot.com/
Hipertensi
Hipertensi adalah suatu kondisi medis yang kronis dimana tekanan darah dalam arteri meningkat sehingga menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dari biasanya.

Hipertensi menjadi salah satu penyakit yang umum di masyarakat dewasa ini. Hipertensi juga merupakan salah satu penyebab dari penyakit stroke, serangan jantung, aneurisma dari arteri, dan ginjal kronis.

Tekanan darah dalam tubuh akan meningkat seiring bertambahnya umur. Akan semakin parah bila diiringi dengan gaya hidup yang tidak sehat, misalnya jarang berolahraga, sering makan junkfood, rajin begadang, merokok, minum minuman beralkohol, dll.

Perbaikan gaya hidup adalah poin pertama yang mesti dilakukan jika ingin terhindar dari hipertensi. Seiring niat perbaikan gaya hidup, ada baiknya Anda mengetahui hal seputar hipertensi yang wajib diketahui.

1. Memeriksakan Tekanan Darah Tanpa Pandang Usia
Ada mitos yang mengatakan bahwa hipertensi hanya menyerang orang dengan usia lanjut. Faktanya, semua orang memiliki resiko terserang hipertensi, baik anak-anak maupun dewasa. Oleh karena itu periksakan tekanan darah secara teratur mulai dari sekarang.

2. Motivasi Diri Ketika Hipertensi
Ketika Anda didiagnosis hipertensi janganlah panik, yang perlu dilakukan hanyalah memotivasi diri agar tetap tenang dengan kondisi tersebut. Manajemen hipertensi yang baik akan membantu Anda tetap sehat dan menjaga kualitas kehidupan.

3. Pahami Hipertensi
Dalam kebanyakan kasus, akar penyebab terjadinya hipertensi tidak diketahui. Dengan mengetahui dampak dari hipertensi dapat membantu penderita dalam penanganan penyakitnya. MUlailah cari tahu, apakah hipertensi yang diderita masuk kategori Primer atau Sekunder. Hipertensi primer adalah jenis tekanan darah yang diakibatkan dari resistensi insulin atau diabetes. Sementara hipertensi sekunder dapat dikendalikan dengan mengubah diet dan menurunkan stres. Mulailah membuat jurnal kesehatan dan periksa tekanan darah secara rutin untuk membantu memahami hipertensi secara baik.

4. Berkonsultasi Dengan Dokter
Belajarlah prosedur pengobatan hipertensi yang tepat bagi Anda. Setelah memahami dan mengumpulkan berbagai informasi tentang hipertensi, cobalah berkonsultasi dengan dokter. Tanyakan metode pengobatan yang tepat bagi Anda.

5. Ubah Gaya Hidup
Setiap penyakit bisa dipastikan bermula dari gaya hidup yang salah. Makanlah makanan yang rendah lemak, diet rendah sodium, berolahraga teratur, hindari rokok, minuman beralkohol dan berkafein, serta mengurangi stres. Cara-cara tadi mampu mengurangi tekanan darah Anda.

6. Hindari Obat Flu dan Batuk
Obat flu dan batuk dapat meningkatkan tekanan darang dengan memicu konstriksi pembuluh darah. Jika Anda menderita hipertensi maka hindari obat batuk dan flu karena akan membahayakan dan bisa menyebabkan stroke. 

Itulah hal seputar hipertensi yang wajib diketahui. Informasi sekecil apapun sangatlah penting guna menghindari kita dari resiko hipertensi.

0 Response to "Hal Seputar Hipertensi Yang Wajib Diketahui"

Post a Comment