7 Gaya Hidup Menyehatkan

http://sehatins.blogspot.co.id/


Sehatins - Hidup sehat di zaman sekarang adalah suatu kondisi yang sangat diidam-idamkan oleh semua orang, terlebih oleh orang-orang yang hidup di perkotaan. Gaya hidup hedonis, pola makan, polusi, dan interaksi dengan gadget yang begitu akrab menyebabkan hidup kita sangat jauh dari sehat.

Sebenarnya gaya hidup menyehatkan itu bisa dimulai dari diri sendiri, mulai dari yang terkecil, dan mulai saat ini juga. Setidaknya ada 7 gaya hidup menyehatkan yang bisa anda lakukan dalam keseharian.


1. Tidak Merokok. Hanya rokok yang melabeli dirinya berbahaya. Hanya rokok yang begitu "jujur" menyebut dirinya pembunuh. Itu saking berbahayanya. Tapi anehnya masih banyak - terlampau banyak malah - yang masih merokok. Malah dari data terakhir, tiap tahun perokok di Indonesia terus bertambah. Jangan harap Anda bisa hidup sehat jika masih merokok.

2.Tidak Minum Minuman Ber-alkohol. Sama dengan merokok, minuman beralkohol lebih jauh mudharatnya daripada manfaatnya. Sering minum minuman beralkohol memungkinkan kita mengalami kerusakan otak, lever, penurunan fungsi indra, dll.

3. Tidur Tepat Waktu. Kebiasaan ternyata sangat menyehatkan, selain mengajarkan kedisiplinan tidur tepat waktu juga memiliki beberapa manfaat diantaranya, merupakan kontrol berat badan, membuat jernih pikiran, mengurangi stres, memacu kreatifitas,dan meningkatkan daya ingat.

4. Olahraga Teratur. Men sana in corpore sano, di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang sehat. Di dalam tubuh yang sehat biasanya jiwanyapun sehat. So, biasakan olahraga secara teratur. Tidak perlu yang berat, cukup yang ringan-ringan saja tiap pagi sebelum beraktifitas.

5.Membatasi Penggunaan Gadget. Hidup di zaman sekarang gangguan kesehatan bisa didapat dari mana saja, dan dari apa saja. Salah satunya dari gadget; laptop, hape, tablet, dll. Radiasi yang ditimbulkan oleh perangkat canggih itu lumayan mengganggu kesehatan, apalagi jika kita lama dalam penggunaannya. Batasi penggunaan gadget, cukup kira-kira 45 menit saja. Setelah itu berhentilah, biarkan mata dan tubuh Anda rileks sejenak.

6. Sering Rekreasi. Setelah lima hari bekerja yang melelahkan, bergulat dengan berbagai masalah, dan targetan, berinteksi dengan berbagai gadget. Ada baiknya luangkan waktu minimal tiap akhir pekan untuk sekedar jalan-jalan atau rekreasi. Otak dan otot kita perlu relaks. Jalan-jalan ke alam terbuka sangat membantu dalam me-refresh otak kita.

7. Meditasi. Setelah seharian jiwa dan pikiran kita sibuk dengan hirup pikuk dunia, cobalah tiap menjelang tidur untuk bermeditasi sebentar. Biarkan jiwa dan pikiran tenang dalam keheningan. Untuk yang muslim bisa dilakukan dengan zikir, atau solat witir sebelum tidur.

Itulah 7 gaya hidup menyehatkan yang bisa kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari. Asal kita rutin melakukannya maka hidup sehat bukan sesuatu yang mustahil. Selamat mencoba.

0 Response to "7 Gaya Hidup Menyehatkan"

Post a Comment