Cara Mudah Mencegah Diabetes

Cara Mudah Cegah Diabetes - Sehatins

Diabetes adalah suatu penyakit yang diakibatkan karena tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah), insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin yang dimiliki tidak bekerja dengan baik.

Berbagai cara dilakukan, dan berbagai obat diminum untuk mengobati diabetes. Itu bagi yang sudah terkena diabetes. Bagi yang belum? Amit-amit deh..., kita bisa melakukan pencegahan dengan cara mudah.

1. Kontrol Berat Badan
Berat badan yang berlebih (gemuk) sangat rentan terkena diabetes. Karena badan gemuk memiliki lemak yang berlebih yang meningkatkan resiko diabetes. Mengontrol berat badan itu sama dengan mengontrol pola makan.

2. Telusuri Riwayat Kesehatan Keluarga
Seorang yang dalam keluarganya - entah itu ibu - bapak, kakek - nenek- terkena diabetes, maka akan memiliki resiko lebih besar terkena diabetes. Dengan menelusurinya setidaknya kita bisa tahu apakah kita ada dalam turunan yang terkena diabetes atau tidak. Ini bisa berguna dalam upaya pencegahannya.

3. Olahraga Secara Teratur.
Olahraga secara teratur bisa mencegah diabetes. Dengan berolahraga kita bisa mengontrol berat badan dan meningkatkan aliran darah. Olahraga sangat penting terutama bagi seseorang dengan faktor genetik termasuk kategori resiko diabetes tinggi.

4. Lakukan Diet
Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan penurunan kemampuan tubuh untuk memproduksi insulin atau hilangnya kemampuan tubuh untuk menggunakan insulin dalam mengubah zat gula jadi energi. Rutin melakukan diet atau puasa sunnah sangat baik dalam upaya terhindar dari diabetes.

5. Lakukan Pemeriksaan Rutin
Ada mitos yang mengatakan diabetes hanya akan menjangkiti orang dengan usia 50 tahun. Faktanya diabetes tidak memandang usia! Setiap orang yang sudah memasuki usia 45 baiknya memeriksa kadar gula darah secara rutin, minimal 3 tahun sekali.

6. Periksa Darah Secara Teratur
Diabetes biasanya satu paket dengan darah tinggi. Artinya orang yang terkena diabates kebanyakan mengidap juga darah tinggi.

7. Konsumsi Buah dan Sayuran Segar
Hasil penelitian menunjukkan bahwa zat warna dalam buah-buahan dan sayuran akan merangsang produk insulin dan menghambat glikasi atau proses pemecahan ikatan molekul glukosa dengan protein sehingga merangsang pembentukkan Advenced Glycation End product (AGE).


0 Response to "Cara Mudah Mencegah Diabetes"

Post a Comment