Mitos dan Fakta Seputar Diabetes

Mitos Diabetes - http://sehatins.blogspot.co.id/

Ada beberapa mitos yang kita dengar seputar diabetes. Mitos-mitos ini sayangnya dipercaya sehingga seolah-olah menjadi acuan dalam penangan diabetes. Faktanya mitos-mitos itu tidak semuanya benar. Alih-alih mendapatkan penanganan yang benar malah jadinya makin memperparah keadaan.

Apakah mitos dan fakta seputar diabetes itu? Dari berbagai sumber, Sehatins coba paparkan untuk Anda. 

Mitos:  Diabetes bukan penyakit serius
Fakta: Kalau tidak ditangani secara benar diabetes akan mengakibatkan kematian. Diabetes bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya dengan merusak organ-organ vital seperti mata, dan jantung, merusak sistem peredaran darah, sistem saraf gigi dan gusi, kaki, kulit, dan ginjal.


Mitos: Orang gemuk pasti kena diabetes
Fakta: Siapa bilang? Tidak semua orang gemuk terjangkit diabetes, meski kegemukan adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan diabetes. Banyak pengidap diabetes justru berbadan sedikit gemuk, atau malah normal. 

Kegemukan bukanlah satu-satunya faktor penyebab diabetes, tapi juga keturunan, etnis, pola hidup, keturunan, dan usia.


Mitos: Terlalu banyak makan gula akan menyebabkan diabetes.
Fakta: Tidak sesederhana itu. Banyak makan gula tidak lantas terkena diabetes. Diabetes, terutama tahap 1 terjadi karena tubuh gagal memproduksi insulin, atau insulin yang dihasilkan tidak berfungsi dengan baik.

Sementara diabetes tahap 2 banyak disebabkan karena usia, etnis, kegemukan, pola hidup, dan keturunan.


Mitos: Diabetes Menular
Fakta: Diabetes diakibatkan karena beberapa faktor; kegemukan, keturunan, pola hidup, usia. Jadi diabetes tidak bisa ditularkan.


Mitos: Diabetes hanya diderita oleh orang dengan usia 50 tahun ke atas.
Fakta: Diabetes tidak memandang usia. Semakin dini kita sadar bahaya diabetes semakin baik. Ingat, pola hidup dan kegemukan adalah termasuk penyebab diabetes. Periksa kadar gula darah secara rutin.


Mitos: Diabetes hanya menyerang kaum pria.
Fakta: Diabetes adalah penyakit yang tidak memandang gender. Pria maupun wanita sama-sama memiliki peluang terjangkit diabetes. 


Mitos: Diabetes tidak dapat dihentikan
Fakta: Sampai dengan 80% diabetes tipe 2 dapat dicegah. Diabetes bisa dicegah dengan mengubah pola hidup, olahraga yang rutin, cek gula darah ruitn, dan menjaga kesehatan.









0 Response to "Mitos dan Fakta Seputar Diabetes"

Post a Comment